Kami sampaikan tanpa cinta dunia

Contact Us

Minggu, 08 April 2012

On Minggu, April 08, 2012 by ukhuwah islamiyah   No comments
Kawan, makasih ya sudah mau mampir di Blog jelek tapi insya Allah Ber-kwalitas isinya.....:D
pasti sudah tau, kalau umat islam sekarang ini banyak sekali ALIRANnya., nah berikut ini adalah sesuai Sabda Rasulullah SAW. begini lah bunyinya........
Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Umat Yahudi nanti akan terbagi menjadi 71 golongan, umat Nasrani nanti akan terbagi menjadi 72 golongan dan umatku akan terpecah menjadi 73 golongan.”
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgZzNSytWPo7WxwaVbdGSbWP9vXD117CCb7yH0CQq5P1tCHZ2TdnS4XONvgxzgau6zGLAGWqxBpoLx9TsyuxnTs0UhCdvbWgZk0M_i4-A1z6JvsKJ4CyBrPNNRgY7mnJO0-Wnd0LthA499i/s400/many+way.pngAbdullah bin Amr bin Al-Ash meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Akan terjadi pada umatku sebagimana yang telah terjadi pada Bani Israil. Bani Israil terpecah menjadi 72 golongan dan umatku akan pecah menjadi 73 golongan, semuanya di neraka kecuali satu golongan”. Para sahabat berkata: “Ya Rasulullah, siapa yang satu golongan itu?” Rasulullah SAW bersabda: “Yaitu golongan yang mengikuti sunnahku dan sahabatku.”
Hadis di atas menjelaskan bahwa umat Islam nantinya akan terbagi menjadi sekian banyak aliran. Aliran-aliran Islam yang dimaksud di sini adalah aliran dalam masalah akidah/ tauhid.
Dari sekian banyak aliran tersebut yang selamat adalah yang berpegang kepada Al-Quran dan Sunnah Rasulullah SAW atau disebut dengan golongan Ahlussunnah wal Jama’ah. Mereka ini adalah umat Islam yang dalam menjalankan agama selalu berpedoman kepada Al-Quran dan sunnah Rasulullah SAW.
Adapun aliran/ golongan yang tidak selamat adalah aliran-aliran sesat yang menyimpang dari akidah Islam. Mereka ini adalah umat Islam yang dalam mengamalkan agama selalu mengutamakan logika dan pendapat pribadi sebelum merujuk kepada Al-Quran dan Hadis, sehingga dalam urusan akidah mereka banyak menyimpang.

Di antara aliran-aliran sesat tersebut adalah:
  1. Mu’tazilah;
  2. Syiah; dan
  3. Ahmadiyah.
1. Mu’tazilah: Aliran ini muncul di Irak pada pertengahan abad kedua Hijriyah di bawah pimpinan Washil bin Atha’. Di antara kesesatan akidah Mu’tazilah adalah:
  •  Seorang mu’min apabila meninggal dunia dan belum bertaubat maka dia kekal di neraka;
  • Orang fasiq di akhirat tempatnya adalah di suatu tempat antara surga dan neraka;
  • Orang di akhirat tidak akan mampu melihat Allah SWT; dan
  • Menganggap Al-Quran sebagai makhluk. 
 2. Syiah: Aliran ini muncul pada pertengahan abad pertama Hijriyah. Di antara kesesatan akidah Syiah adalah:
  • Syiah memandang imam itu ma’sum (orang suci);
  • Syiah menolak hadits yang tidak diriwayatkan oleh Ahlul Bait;
  • Syiah pada umumnya tidak mengakui kekhalifahan Abu Bakar, Umar dan Utsman; dan
  • Syiah menghalalkan nikah mut’ah (kawin kontrak) yang sudah diharamkan oleh Nabi muhammad SAW.
3. Ahmadiyah: Aliran ini muncul di India di bawah pimpinan Mirza Ghulam Ahmad. Di antara kesesatan akidah Ahmadiyah adalah:
  • Mereka mengakui Mirza Ghulam Ahmad sebagai Nabi;
  • Mereka meyakini bahwa kitab suci Tadzkirah sama sucinya dengan Al-Qur’an karena sama-sama wahyu dari Tuhan;
  • Mereka memiliki tempat suci sendiri yaitu Qadian dan Rabwah;
  • Mereka memiliki surga sendiri yang letaknya di Qadian dan Rabwah;
  • Wanita Ahmadiyah haram nikah dengan laki-laki yang bukan Ahmadiyah, tetapi laki-laki Ahmadiyah boleh nikah dengan wanita yang bukan Ahmadiyah; dan
  • Tidak boleh bermakmum dengan imam yang bukan Ahmadiyah.
Wallahu Ta’ala a’am.

0 comments:

Posting Komentar

Apa kata Anda?